Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memberikan Selamat Menggunakan Bahasa Sunda

Cara Memberikan Selamat Menggunakan Bahasa Sunda

Cara Memberikan Selamat Menggunakan Bahasa Sunda
pexels.com


Belajarsunda.com - Dalam situasi tertentu, kadang-kadang kita memang perlu memberikan ucapan selamat kepada orang-orang di sekitar kita. Terutama cara memberikan selamat menggunakan bahasa sunda. Hal ini merupakan sebuah bentuk bahwa kita juga perhatian terhadap orang-orang yang dekat dengan kita.

Dalam mengucapkan selamat dalam bahasa sunda sendiri, ada satu kata dasar yang nantinya akan menjadi kata yang paling penting dan pasti akan terus digunakan. Kata tersebut adalah: Wilujeng. Wilujeng berarti: selamat. Nah, jika kita sudah mengetahui kata dasar tersebut, kita akan dengan sangat mudah menggunakan kata tersebut di berbagai kalimat.

Penggunaan wilujeng sendiri memiliki banyak fungsi. Di antaranya untuk memberikan selamat terhadap keberhasilan seseorang, atau terhadap sesuatu yang telah dicapai dan diraih. Di balik itu, kata wilujeng bisa digunakan sebagai greeting atau juga pengucapan di hari-hari besar. 

Wilujeng Sebagai Ungkapan Atas Keberhasilan Seseorang

1. Wilujeng kanggo gelar sarjanana

Kalimat ini ditujukan bagi orang yang telah lulus berkuliah dan mendapatkan gelar sarjana. Arti dari kalimat itu kurang lebih: Selamat atas gelar sarjana nya.

2. Wiujeng nikah. Mugia Sakinah, Mawaddah, Warohmah.

Nah, jika kita pergi ke kondangan, maka kita bisa banget mengucapkan ungkapan kebahagiaan dengan kalimat seperti nomor dua ini. Kalimat tersebut berarti: Selamat menikah. Semoga sakinah, mawaddah, warohmah.

3. Wilujeng kana kasuksesanana

Jika kalimat nomor tiga ini, bisa digunakan untuk pemberian selamat secara umum. Misal jika kita tidak tahu secara spesifik atas apa yang diraih, kita bisa menggunakan kalimat ini. Setidaknya, tetap ada support bagi teman yang telah menggapai cita-citanya.

Wilujeng sebagai ungkapan Dalam hari-hari Besar

Selain untuk memberikan selamat dalam keberhasilan seseorang, wilujeng juga sering digunakan dalam hari-hari besar. Contoh kalimatnya:

1. Wilujeung Boboran Siam/Wilujeng lebaran/Wilujeng Boboran Haji

Wilujeng boboran siam berarti selamat hari raya idul fitri. Kalimat ini termasuk ke dalam kalimat halus yang sering digunakan. Sementara untuk Selamat lebaran, itu termasuk kalimat bahasa sedang yang juga sering dipakai. Keduanya bisa digunakan dengan baik. Hanya saja, untuk Wilujeng lebaran, usahakan digunakan kepada orang yang sepantaran sama kita. Sementara, ada kalimat wilujeng boboran haji. Kalimat ini digunakan ketika hari raya idul adha. 

2. Wilujeng tujuh belas agustusan

Acara besar menyambut hari kemerdekaan pun tidak luput dari perhatian. Kami biasanya menggunakan kalimat nomor dua ini untuk mengucapkan selamat. Arti dari kalimat ini: Selamat hari kemerdekaan 17 agustus. Karena angka tujuh berarti tujuh, maka penggunaan angkanya sama saja dengan bahasa Indonesia.

Wilujeng Sebagai Sapaan, Bentuk Perhatian, Dan Penutup Percakapan

Nah, wilujeng juga banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini contoh kalimat yang bisa dipelajari:

-Wilujeng tepang taun (selamat ulang tahun)

-Wilujeng enjing (Selamat pagi)

-Wilujeng siang (Selamat siang)

-Wilujeng Sonten (Selamat sore)

-Wilujeng Sumping (Selamat datang)

-Wilujeng Wengi (selamat malam)

-Wilujeng Bobo (selamat tidur)

Nah, setidaknya, ada gambaran dalam penggunaan kalimat wilujeng (selamat) dalam bahasa sunda. Lantas, bagaimana cara menjawab kalimat-kalimat tersebut? Ada beberapa ucapan yang sering digunakan. Berikut akan dituliskan dalam bentuk dialog:

Contoh satu:

A : Wilujeng tepang taun. Mugia panjang yuswa. Sadaya cita-citana tiasa kadugi. (Selamat ulang tahun. Semoga panjang umur. Semua cita-citanya bisa tercapai)

B : Hatur nuhun pisan. Aamiin (Terima kasih banget. Aamiin)

Contoh dua:

A : Wilujeng Sonten. (Wilujeng sonten)

B : Wilujeng sore oge. (Wilujeng sonten oge)

Nah, itulah beberapa cara memberikan selamat Menggunakan Bahasa Sunda. Bagaimana, sudah tahu kan sekarang? Semoga bermanfaat ya.


Posting Komentar untuk "Cara Memberikan Selamat Menggunakan Bahasa Sunda"